Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Mengenal Lebih Jauh Istilah Whitelist Pada Dunia NFT

Istilah Whitelist pada dunia NFT
Istilah Whitelist pada dunia NFT pasti seringkali anda dengar terutama jika anda terjun ke dunia kripto dan mendalaminya. Apa sih arti dari istilah ini? Secara umum, istilah ini memiliki arti yaitu daftar putih yang memiliki kaitan yang erat pada istilah kepegawaian dan juga administrasi. Sehingga istilah ini merujuk kepada seseorang yang memiliki kinerja dan juga kelakuan yang baik sehingga mereka dapat dipercaya. 

Kemudian apa arti whitelist kripto? Dalam dunia kripto, whitelist memiliki arti yang merujuk kepada sebuah daftar peserta yang memiliki minat untuk mengambil suatu bagian serta melakukan pembelian saat penawaran koin di masa-masa awal atau biasa disebut sebagai ICO (Initial Coin Offering). Para calon inverstor akan masuk ke dalam list milik perusahaan kripto dengan menginput beberapa data pribadinya?

Kemudian apa yang dimaksud dengan whitelist NFT? Yuk simak selengkapnya terkait istilah whitelist NFT pada beberapa poin berikut ini. 

Pengertian Whitelist NFT

Istilah Whitelist pada dunia NFT memiliki arti yaitu alamat dompet yang telah disetujui untuk melakukan minting NFT pada suatu waktu tertentu yang sudah ditentukan. Sedangkan Nifting sendiri memiliki arti yaitu sebuah proses yang bisa mengubah karya seni digital menjadi sebuah aset digital pada blockchain.

Kemudian agar investor masuk ke dalam whitelist, mereka tentu harus melewati berbagai tahapan dan proses yang ditentukan oleh tim proyek NFT. 

Fungsi Whitelist NFT

Istilah Whitelist pada dunia NFT berikutnya memiliki suatu fungsi yang berguna untuk dipahami oleh para pecinta NFT. Pertama, whitelist NFT memiliki fungsi untuk memberikan penghargaan bagi para calon investor yang sudah masuk ke dalam whitelist NFT agar memperoleh suatu keuntungan untuk memperoleh harga yang lebih murah, bahkan bisa menjadi gratis. Ini merupakan suatu penghargaan untuk mereka. 

Kedua adalah untuk mencegah gas war atau yang berarti terjadinya perang harga. Harga aset digital biasanya ditentukan oleh banyaknya permintaan pengguna terhadap aset tersebut, sehingga semakin besar permintaannya, maka akan semakin tinggi harganya. Hal tersebut dikarenakan banyaknya orang yang ingin mencetaknya secara bersamaan. 

    Baca Juga: Pro Konra Aset Digital Crypto yang Patut Anda Tahu

Kemudian jika banyak orang yang berusaha mencetak NFT sebelum barang terjual keseluruhan, maka harga bisa naik hingga berkali-kali lipat. Karena itu NFT memerlukan whitelist sehingga akan terlihat siapa saja daftar perserta sebelum peluncuran aset yang sebenarnya. 

Cara Memperoleh Whitelist NFT

Istilah Whitelist pada dunia NFT yang ketiga bisa anda peroleh dengan beberapa cara. Pertama anda bisa mencari suatu proyek NFT yang memiliki status pre-launch karena biasanya proyek ini pasti memiliki whitelist. Untuk memperoleh suatu proyek yang belum dirilis, maka anda bisa mengikuti para kreatornya untuk memantau kapan karya tersebut akan dirilis. 

Kedua anda bisa bergabung pada suatu komunitas NFT dan tentu anda harus memastikan bahwa anda aktif dalam komunitas tersebut. Pada komunitas itu, biasanya anda akan saling berbagi informasi dengan pengguna lainnya sehingga anda akan lebih update akan informasi paling baru. 

    Baca Juga: Cara Kerja NFT Untuk Sumber Penghasilan

Ketiga adalah anda harus memastikan bahwa anda sudah menaati dan mengikuti instruksi untuk memperoleh whitelist. Jika anda tidak menaati syarat dan mengikuti instruksi yang disediakan, maka anda bisa gagal dalam memperoleh whitelist dan tentu hal ini merupakan hal yang sangat merugikan anda. 

Istilah Whitelist pada dunia NFT yang sudah dijelaskan diatas diharapkan bisa memberikan anda pengetahuan baru terkati whitelist yang ada dalam dunia NFT. Semoga bermanfaat. Sekian.