Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Dasar Investasi Pasar Saham Paling Gampang

Belajar Dasar Investasi Pasar Saham Paling Gampang

Spasmedia - Banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi di pasar saham, tetapi bingung bagaimana memulainya. Padahal, sebenarnya investasi di pasar saham bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu memahami beberapa dasar investasi seperti yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pelajar Dasar Investasi Pasar Saham Paling Gampang

Pasar saham adalah pasar untuk memperdagangkan saham. Saham adalah tanda kepemilikan dari sebuah perusahaan dan memberi pemegangnya hak suara dalam rapat umum perusahaan. Pasar saham menyediakan platform untuk perusahaan untuk mendapatkan modal dengan menjual saham ke publik, sementara investor individual atau institusi dapat membeli saham untuk tujuan investasi atau spekulasi.

Kebanyakan negara memiliki bursa efek atau pasar saham sentral tempat perdagangan terpusat, namun ada juga pasar saham lainnya yang lebih kecil. Indonesia memiliki Bursa Efek Indonesia (IDX) di Jakarta, yang merupakan salah satu bursa tertua di Asia Tenggara.

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Investasi Pasar Saham

Investasi pasar modal adalah investasi pada empat jenis instrumen keuangan ekuitas yaitu saham, obligasi, surat berharga dan properti. Investasi pasar modal juga dapat dilakukan dengan cara menjual atau membeli aset tersebut dan kita menerima upah atau jasa dari transaksi itu.

Investasi pasar modal memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya didapat dari tingkat pengembalian yang lebih besar dibandingkan dengan berinvestasi di bank di mana hanya mendapatkan bunga deposito sebesar 2% per tahun. Sedangkan kerugiannya bisa muncul apabila terjadi resesi ekonomi sehingga nilai mata uang turun drastis dan nilai aset Anda turun secara signifikan.

Kelebihan Investasi Pasar Modal:

1)Tingkat pengembalian yang lebih besar dibandingkan dengan reksadana (berharga 2% per tahun).

2) Nilai mata uang tidak selalu mengikuti kinerja finansial perusahaan.

3) Nilai aset tidak selalu mengikuti kinerja finansial perusahaan.

4) Bisa sangat mudah untuk merubah pesanan saham Anda.

5) Perilaku investor tidak mudah diprediksi.

6) Inflasi akan menurunkan nilai investasi Anda setelah jangka waktu tertentu.

7) Bisa menerima upah atau jasa dari transaksi saham Anda.

Menetapkan Tujuan Investasi Pasar Saham

Pada tahap ini anda harus menetapkan tujuan investasi pasar saham yang ingin anda capai. Apakah itu berinvestasi untuk memiliki rumah atau kendaraan? Ataukah untuk memulai usaha yang baru? Semua itu adalah tujuan investasi dan masing-masing membutuhkan waktu yang berbeda untuk mencapainya. Jadi pastikan bahwa anda tahu kebutuhan uang serta dana yang tersedia sehingga masih terdapat jalan lain apabila akhirnya tidak bisa mencapai tujuan tersebut.

Mempertimbangkan Aspek Risiko Dalam Investasi Pasar Saham

Jika anda mengambil keputusan untuk memulai investasi di pasar saham, sebaiknya anda harus mempertimbangkan aspek risiko yang terdapat dalam investasi tersebut. Misalnya, jika kita ikut program bisnis MLM, maka tidak ada risiko yang perlu diperhatikan. Tapi jika kita ingin ikut bisnis forex ataupun berinvestasi pada saham-saham yang telah lama beredar di pasar maka bisa dipastikan adanya risiko yang harus di terima.

Jenis Pasar Saham

Pasar saham dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukuran perusahaan, sebagai berikut:

Pasar primer: Pasar ini terdiri dari perusahaan-perusahaan besar yang telah mapan dan memiliki reputasi baik. Umumnya, perusahaan di pasar ini melakukan IPO (Initial Public Offering/Penawaran Umum Perdana) ketika ingin masuk ke pasar saham. Saham perusahaan di pasar primer cenderung lebih stabil dibandingkan dengan pasar sekunder.

Pasar sekunder: Pasar ini terdiri dari perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar di bursa, namun tidak sebesar atau sepopuler perusahaan di pasar primer. Saham perusahaan di pasar sekunder cenderung lebih volatile/berfluktuasi dibandingkan dengan pasar primer.

Pasar tertinggi: Pasar ini hanya terdiri dari segelintir perusahaan besar dan sangat populer (blue chip companies). Saham perusahaan di pasar tertinggi saat ini di kuasai oleh banyak perusahaam di bidang teknologi. 

Menentukan Pasar Saham

Pasar saham adalah tempat terjadinya perdagangan efek (saham, obligasi, warrant, kontrak berjangka dan opsi). Bursa efek adalah pasar yang mempunyai struktur dan mekanisme perdagangan yang teratur, transparan dan terukur. Oleh karena itu bursa efek dapat dikatakan sebagai sebuah lembaga intermediasi yang menyediakan fasilitas untuk pertemuan antara penjual dengan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli efek.

    Baca Juga: Cara Investasi Dollar Terpercaya

Untuk menentukan investasi di pasar saham haruslah mengetahui 3 (tiga) faktor utama yaitu :

# Kondisi Pasar 

Kondisi pasar adalah kondisi dimana para investor telah mampu mendapatkan informasi lengkap tentang instrumen investasinya. Sehingga mereka akan lebih mudah untuk melakukan analisis fundamental atau teknikal. Kondisi pasar ini sering juga disebut sebagai informasi sempurna untuk mulai invest.

#Tren Pasar

Investasi juga mengenal istilah ten, naik turunnya harga saham tentu sangat berpengaruh dengan minat masyarakat terhadap saham. ketikan seseorang membicarakan perusahaan untuk menjadi tempat investasi pilihan, maka harga suatu saham otomatis akan ikut melonjak tinggi begitu pula sebaliknya.

#Likuiditas

Faktor penting dalam melakukan investasi adalah dana likuiditas.jika anda ingin berinvestasi dalam jangka panjang maka anda tidak memerlukan investasi yang bersifat likuid. likuiditas sangat cocok untuk anda yang menginginkan keuntungan yang cepat dan mudah. Jika suatu investasi tidak mudah di cairkan maka dayatarik investasi akan rendah dan cenderung mengalami kerugian. 

Menentukan Saham Terbaik

Berinvestasi di pasar saham dapat menjadi cara yang menguntungkan untuk meningkatkan nilai portfolio Anda, namun perlu disadari bahwa seperti investasi lainnya, ada risiko finansial yang terkait. Oleh karena itu, penting untuk memastikan Anda memilih saham yang tepat sebelum melakukan investasi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana caranya.

    Baca Juga: Tempat Terbaik Investasi Online

Ketika Anda berinvestasi di pasar saham, tujuan Anda adalah mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga saham. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, Anda harus memilih saham yang diperdagangkan secara aktif dan memiliki likuiditas yang tinggi. Saham dengan likuiditas tinggi cenderung memiliki volatilitas yang lebih rendah dan oleh karena itu, lebih mudah diprediksi. Selain itu, pastikan untuk melakukan penelitian lengkap sebelum membeli.

Penting memahami pasar modal sebelum masuk ke dalamnya

Sebelum memahami bagaimana cara berinvestasi di pasar modal, ada baiknya kita mengetahui dasar-dasar yang harus kita pahami. Pada prinsipnya, sebuah pasar modal adalah sebuah mekanisme penyerahan aset kepada investor untuk diperjualbelikan dan diinvesasikan.

Pasar modal merupakan sarana ekonomi yang menyediakan kegiatan transaksi perdagangan barang milik orang lain untuk kepentingan orang lain (investor). Investor mengalihkan risiko investasi yang dianutnya atau menghindari risiko kerugian akibat penjualan saham atau obligasi bila memilih untuk melakukannya secara langsung melalui intermediator yaitu broker ataupun agent/fee-based advisor.

Kesimpulan

Memahami dasar investasi pasar saham adalah salah satu hal yang sangat penting. Dengan memahami dasar ini, Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik dan menghindari kerugian jika terjadi.